Corporate Secretary

Pada tahun 2022, Bank berfokus untuk menjaga kualitas aset dengan mengutamakan penyaluran kredit yang berkualitas, pengelolaan biaya pendanaan, memperluas pangsa pasar corporate banking, dan meningkatkan penerimaan fee based income. Untuk mendukung rencana tersebut, Bank berupaya untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan teknologi informasi yang dimiliki, serta menjaga efisiensi operasional bisnis yang dijalankan.

PERKREDITAN

Bank berupaya untuk meningkatkan fungsi intermediarinya melalui penyaluran kredit, antara lain dengan cara:

  1. Memfokuskan pengelolaan dan pengembangan nasabah Korporasi “Lokal” yang memiliki  hubungan bisnis dengan Jepang;
  2. Melakukan pendanaan supply chain and business alliance dengan mengoptimalkan hubungan bisnis dengan nasabah yang sudah ada dengan mencari peluang untuk mengembangkan hubungan bisnis baru dengan pembeli dan pemasok dari nasabah yang sudah ada;
  3. Melakukan optimalisasi terhadap nasabah yang sudah ada dalam hal penggunaan fasilitas kredit yang belum digunakan, memahami kebutuhan debitur, serta meningkatkan customer contact.

Bank juga masih mempertahankan model bisnis dengan porsi portofolio kredit kepada perusahaan Jepang dan Lokal pada komposisi yang seimbang untuk mendukung peningkatan kredit dan menghindari terjadinya risiko konsentrasi kredit. Bank juga berupaya meningkatkan pangsa pasar nasabah corporate banking melalui sistem pemasaran yang efektif termasuk bekerja sama dengan Resona Bank, Ltd., The Bank of Yokohama, Ltd., dan Daido Life Insurance Company, dengan memberikan dukungan kepada nasabah melalui penawaran produk perbankan yang dibutuhkan oleh nasabah.


Untuk meningkatkan kualitas kredit, Bank juga melakukan pengawasan terhadap pemberian kredit sesuai dengan peraturan internal maupun eksternal yang berlaku, serta perkembangan dan perubahan bisnis sehingga menghasilkan kualitas kredit yang baik. Di samping itu, Bank juga terus melakukan pengawasan terhadap pemberian kredit yang sehat dan mengacu kepada portofolio manajemen yang telah ditetapkan.

Dalam menjaga kualitas aset, Bank senantiasa mengendalikan dan mengelola kredit bermasalah sebagai dampak pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan mengoptimalkan tingkat pengembalian dari kredit bermasalah dan kredit yang dihapus buku dengan melanjutkan pemberian stimulus terhadap nasabah terdampak pandemi COVID-19, restrukturisasi kredit, dan penjualan aset jaminan debitur untuk proses
penyelesaian.

PERMODALAN

Di sisi permodalan, Bank senantiasa berupaya untuk menjaga rasio permodalan yang mencukupi untuk mendukung bisnisnya, antara lain dengan:

  1. Menjaga pencapaian kenaikan profit Bank;
  2. Meningkatkan kualitas kredit sehingga mengurangi beban penurunan nilai kredit;
  3. Perpetual Subordinated Loan (PSL) dari pemegang saham pengendali, yang juga diperuntukkan sebagai pemenuhan ketentuan regulator mengenai Modal Inti Minimum (MIM) Bank;
  4. Mengendalikan pembayaran dividen pada tingkat yang wajar dan yang dapat diterima oleh pemegang saham.

PENDANAAN

Bank juga terus berupaya mengoptimalkan sumber pendanaan yang dimiliki dalam rangka meningkatkan rasio Net Interest Margin (NIM) namun dengan tetap menjaga rasio likuiditas Bank, antara lain dengan:

Bank juga terus berupaya mengoptimalkan sumber pendanaan yang dimiliki dalam rangka meningkatkan rasio Net Interest Margin (NIM) namun dengan tetap menjaga rasio likuiditas Bank, antara lain dengan:

  1. Meningkatkan transaksi perbankan harian dari nasabah debitur, misalnya penerimaan pembayaran piutang penjualan nasabah melalui rekening giro nasabah di Bank;
  2. Melakukan pendekatan kepada Korporasi “Lokal” yang memiliki hubungan bisnis dengan Jepang, yang bertindak sebagai pemasok/pembeli dari nasabah, serta kepada Korporasi Jepang yang baru didirikan di Indonesia;
  3. Memberikan suku bunga yang kompetitif untuk deposito berjangka dari investor institusional;
  4. Meningkatkan mutu pelayanan bisnis pada transaksi operasional;
  5. Meningkatkan fungsi Institusi Keuangan (Financial Institution) pada Divisi Treasury, untuk membangun hubungan dengan partner Bank lokal dan internasional.
  6. Mengelola jumlah pinjaman dari bank lain dan jumlah kewajiban interbank/call money sesuai dengan kebutuhan likuiditas Bank

OPERASIONAL

Sepanjang tahun 2022, Bank senantiasa mengoptimalkan operasional yang dijalankan antara lain dengan:

  1. Melanjutkan implementasi penilaian ulang Model Bisnis Bank dengan mengaplikasikan metode Business Model Canvas.
  2. Membangun kembali pondasi Bank dengan mengaplikasikan filosofi “KAIZEN” atau dikenal dengan “Continous Improvement” pada 4 (empat) aspek pokok yaitu Product, People, Process, dan Procedure.
  3. Melanjutkan inisiatif aktivitas atau mengeluarkan produk baru sebagai upaya diversifikasi bisnis dengan menjadikan Bank sebagai pemberi referensi terhadap produk pihak ketiga yang telah menjalin kerja sama.
  4. Melanjutkan penyelarasan proses, prosedur, dan kebijakan untuk menunjang upaya pembenahan serta diversifikasi bisnis yang telah diformulasikan.
  5. Melanjutkan proses migrasi, pemasangan perangkat, dan infrastruktur TI di Kantor Pusat Bank Resona Perdania yang baru di Jakarta Mori Tower, Jl. Jend.Sudirman Kav. 40-41, Jakarta Pusat.
  6. Melanjutkan proses relokasi kantor pusat ke gedung baru di Jakarta Mori Tower, Jl. Jend. Sudirman Kav. 40-41, Jakarta Pusat.
  7. Memastikan bahwa arah kebijakan Manajemen, rencana, dan strategi pembenahan yang telah ditetapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan selaras dengan Visi dan Misi Bank.

RENCANA STRATEGIS 2023

Dalam menjalankan seluruh kegiatan usaha, Bank berkomitmen untuk menciptakan iklim usaha yang positif dan berkelanjutan. Untuk itu, Bank senantiasa mengoptimalkan masing-masing segmen usaha yang dimiliki sebagai fondasi utama dalam melanjutkan strategi ke depan. Adapun rencana strategis Bank yang diimplementasikan melalui kebijakan strategis ke depan
adalah sebagai berikut:

1. Melanjutkan tahapan Rencana Korporasi 5 tahun, yaitu pada tahun 2023 dengan mengambil tema “Reposition Year”, arah dan kebijakan Bank difokuskan sebagai berikut:

  • Momentum relokasi yaitu Bank akan melakukan relokasi kantor pusat dengan menempati gedung kantor pusat yang baru di Jl. Jend Sudirman Kav. 40-41, Jakarta Pusat dan juga meluncurkan slogan perusahaan baru “Sustain Your Business Growth” sebagai pengganti slogan “Your Real Partner”.
  • Menekankan pada nilai yang unik dari Bank dan membangun reposisi yang kuat pada niche market, sehingga diharapkan Bank akan mampu mengembangkan kapasitas bisnis dan pangsa pasar yang lebih besar disertai diversifikasi pendapatan dengan tidak hanya mengandalkan pendapatan bunga.

2.  Menjaga dan meningkatkan peringkat komposit (PK) kesehatan Bank berdasarkan risiko (RBBR) minimum berada pada peringkat 2 atau Sehat yang di dalamnya termasuk peringkat komposit profil risiko dan peringkat penerapan Good Governance (GG) baik individual maupun konsolidasi dengan perusahaan anak PT Resona Indonesia Finance (PT RIF).

3. Mempertahankan peringkat komposit profil risiko dan peringkat GG tersebut dengan melakukan peningkatan pada:

  • Fungsi kepatuhan termasuk di dalam mengelola risiko kepatuhan serta peningkatan Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT) sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Manajemen risiko, termasuk di dalamnya berkoordinasi dengan Resona Bank, Ltd. untuk memperkuat pelaksanaan manajemen risiko Bank.
  • Fungsi audit internal, baik dari sisi sumber daya manusia maupun dari metodologi audit, dan fungsi komite-komite dengan mengefektifkan peran komite-komite, baik komite yang mendukung tugas Direksi maupun Dewan Komisaris.

4. Melanjutkan penerapan aksi keuangan berkelanjutan, selain terus mengembangkan kapasitas internal melalui pelatihan, Bank juga akan memulai kajian dan pengembangan terkait dengan produk dan layanan keuangan berkelanjutan.

5. Memperkuat pengembangan dan pengelolaan portofolio Korporasi Lokal yang memiliki hubungan bisnis dengan Jepang, sebagai perwujudan perluasan basis nasabah disertai dengan pengembangan produk dan layanan serta diversifikasi sumber pendapatan.

6. Melanjutkan komunikasi dan kerjasama dengan pemegang saham: Resona Bank, Ltd.,The Bank of Yokohama Ltd., dan Daido Life Insurance Company untuk lebih memperluas pangsa pasar nasabah Korporasi Jepang.

7. Menjaga kualitas portofolio kredit dengan pendekatan yang prudent terhadap manajemen risiko kredit.

8. Melanjutkan upaya untuk meningkatkan infrastruktur Bank melalui standarisasi proses bisnis dan operasional yang dapat mendukung kemampuan Bank untuk memperluas pangsa pasar khususnya dalam pemberian kredit.

9. Secara berkesinambungan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui:

  • Menerapkan praktik terbaik (best practice) dalam pengelolaan sumber daya manusia termasuk talent management, jenjang karier, manajemen kinerja yang dikaitkan dengan manajemen remunerasi serta penerapan program keterikatan karyawan.
  • Pengembangan program pelatihan yang lebih terstruktur yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan yang disesuaikan dengan kebutuhan baik dari sisi teknikal yang dipersyaratkan oleh masing-masing fungsi dan dengan program pengembangan soft skill termasuk kepemimpinan dan cara berpikir (mindset).
  • Penerapan program utama, yaitu program pelatihan yang terkait dengan proses kredit secara keseluruhan (end to end credit process training) mulai dari inisiasi (tenaga pemasaran) hingga pencairan (administrasi kredit) serta penanganan kredit bermasalah yang didukung pula dengan program terkait dengan pelayanan nasabah, peningkatan berkomunikasi dan negosiasi termasuk situasi/kondisi perubahan ekonomi dan bisnis.
  • Melanjutkan program terkait dengan manajemen risiko, pelatihan keuangan berkelanjutan, dan tata kelola berkelanjutan.
  • Melaksanakan alih pengetahuan yang efektif dari tenaga kerja asing kepada tenaga kerja lokal.
  • Mempertahankan karyawan bertalenta melalui aspek finansial (remunerasi yang kompetitif) & aspek non finansial (kenyamanan kerja & dan keterikatan karyawan).
  • Proses perekrutan sumber daya manusia berbasis kompetensi guna mendapatkan talentatalenta terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Bank.
  • Mempersiapkan infrastruktur dan melaksanakan relokasi kantor pusat Bank di Jl Jend. Sudirman kav.40-41, Jakarta Pusat, yang direncanakan pada awal tahun 2023.