News

29 Oktober 2018

Pengumuman Perubahan Pemegang Saham serta Kerjasama Bisnis dengan Bank of Yokohama dan Daido Life

Pengumuman Tentang Perubahan Pemegang Saham pada Bank Resona Perdania serta Kerjasama Bisnis dengan Bank of Yokohama dan Daido Life

29 Oktober, 2018

Resona Holdings,Inc.
Direktur, Presiden dan
Perwakilan Pejabat Eksekutif
Kazuhiro Higashi
(Code 8308, Bagian 1 Bursa Efek Tokyo)

Resona Bank, Limited

Perihal : Pengumuman Tentang Perubahan Pemegang Saham pada Bank Resona Perdania serta Kerjasama Bisnis dengan Bank of Yokohama dan Daido Life

Resona Holdings, Inc. ("Resona Holdings") dengan ini mengumumkan bahwa Bank of Yokohama dan Daido Life telah setuju dengan pemegang saham saat ini untuk mengambil alih masing-masing 30.00% dan 14.90% dari Saham Biasa PT. Bank Resona Perdania ("Bank Resona Perdania"), yang merupakan anak perusahaan terkonsolidasi dari Resona Bank, Limited ("Resona Bank").(Pengalihan Saham)

Saat ini Resona Bank memiliki 43.42% dari Saham Biasa Bank Resona Perdania dan Resona Bank telah memutuskan untuk meningkatkan kepemilikannya menjadi 48.44% melalui pengambilalihan Saham Biasa dari pemegang saham saat ini bersamaan waktunya dengan pengambilalihan Saham Biasa tersebut diatas. (Secara kolektif, "Pengalihan Saham").

Terkait dengan Pengalihan Saham dimaksud Resona Bank menyetujui untuk menandatangani Memorandum of Understanding dengan Bank of Yokohama untuk kerjasama bisnis pada kegiatan bisnis diluar negeri dan kemitraan dengan Daido Life dalam rangka mendukung ekspansi diluar negeri serta aktivitas perdagangan untuk perusahaan kecil dan menengah.

1. Tujuan Pengalihan Saham.

Bank Resona Perdania didirikan pada tahun 1958 sebagai bank campuran pertama antara Jepang dan Indonesia. Terkait dengan sejarah panjangnya dimana tahun ini merupakan perayaan ke 60 tahun serta merupakan satu-satunya anak perusahaan terkonsolidasi dari Resona group yang menjalankan bisnis bank umum diluar negeri.

Saat ini Kantor Pusat berada di Jakarta dan didukung oleh 8 kantor dan seluruhnya di pulau Jawa (terdiri dari Kantor Pusat, 2 Kantor Cabang serta 5 Kantor Cabang Pembantu).

Khusus untuk perusahaan-perusahaan Jepang, Bank Resona Perdania memiliki jaringan bisnis yang cukup luas dengan perusahaan-perusahaan lokal serta melayani berbagai macam kebutuhan nasabahnya.

Resona Grup memutuskan untuk mengundang Bank of Yokohama dan Daido Life sebagai Pemegang Saham Baru yang penting guna mencapai pertumbuhan dimasa mendatang dari Bank Resona Perdania yang melakukan kegiatan operasinya di Negara Asia Tenggara terbesar dalam hal ekonomi dan penduduk.

2. Kepemilikan Bank Resona Perdania setelah Pengalihan Saham.

Bank of Yokohama akan mengambilalih 30% Saham Bank Resona Perdania dari East Asia Indonesia Holdings, limited (merupakan subsidiari dari Bank of East Asia "BEA" yang merupakan grup perbankan terbesar di Hong Kong).

Selanjutnya Daido Life dan Resona Bank akan mengambilalih masing-masing 14.90% dan 5.02% Saham Bank Resona Perdania dari Vision Well Limited.

Kepemilikan Saham Bank Resona Perdania akan berubah dengan adanya pengambilalihan Saham menjadi:

Web Image 1

Setelah BEA dan Vision Well tidak menjadi pemegang saham Bank Resona Perdania, Resona Bank akan tetap membina hubungan bisnis dengan BEA sebagai mitra bisnis terpenting untuk area Hong Kong dan Daratan China.

3. Kerjasama Bisnis dengan Bank of Yokohama dan Daido Life.

Resona Bank akan bekerja sama dengan Bank of Yokohama tidak hanya di Indonesia tetapi juga dibeberapa negara seperti Singapura (melalui Resona Merchant Bank Asia) dan Daratan China (melalui Shanghai Branch dari Bank of Yokohama) terkait dengan jaringan luar negerinya dan meningkatkan kemampuan untuk memberikan pelayanan bisnis yang dibutuhkan kepada nasabah dinegara tersebut.

Resona Bank akan bekerja sama dengan Daido Life melalui saling memberikan keahlian dibidangnya dan mengembangkan jumlah nasabah dengan menyediakan dukungan dalam pengembangan bisnis global and aktivitas perdagangan.

Kerjasama bisnis dengan Bank of Yokohama dan Daido Life terutama terdiri dari:

  • Kerjasama dalam memperoleh informasi bisnis lokal
  • Menyediakan dukungan kepada nasabah lokal melalui referensi dari fungsi diluar negeri
  • Kerjasama dalam memberikan keahlian dibidang bisnis diluar negeri
  • Kerjasama dalam perencanaan kegiatan seminar
  • Menerima program trainee untuk tujuan pengembangan sumber daya manusia

4. Infomasi Singkat Bank Resona Perdania Posisi 29 Oktober 2018.

1). Nama PT Bank Resona Perdania
2). Domisili Kantor Pusat Jakarta - Indonesia
3). Representatif Ichiro Hiramatsu - Presiden Direktur
4). Jenis Usaha Perbankan
5). Modal Disetor IDR.405 Miliar
6). Tahun Pendirian 1 Februari. 1958

5. Informasi Singkat Bank of Yokohama dan Daido Life.

Bank of  Yokohama

1). Nama The Bank of Yokohama, Ltd
2). Domisili Kantor Pusat 1-11-1, Minatomirai 3-chome, Nishi-ku, Yokohama, Kanagawa, Japan
3). Representatif Yasuyoshi Oya, Presiden Direktur
4). Jenis Usaha Perbankan
5). Modal Disetor JPY. 215,628 Juta
6). Tahun Pendirian 16 Desember, 1920

Daido Life

1). Nama DAIDO LIFE INSURANCE COMPANY
2). Domisili Kantor Pusat 1-2-1, Edobori, Nishi-ku, Osaka, Japan
3). Representatif Minoru Kudo, Presiden Direktur
4). Jenis Usaha Perusahaan Asuransi Jiwa
5). Modal Disetor JPY. 110,000 Juta
6). Tahun Pendirian 14 Juli, 1947

6. Rencana Kegiatan.

29 Oktober 2018 (Hari ini) Penandatangan Perjanjian Jual Beli Saham dan Persetujuan Kerjasama Bisnis antara semua Pihak Terkait
Akhir Maret 2019 (Rencana) Penyelesaian Proses Pengalihan Saham

Pengalihan Saham akan tunduk kepada ketentuan yang disepakati dalam perjanjian yang ditandatangani bersama termasuk persetujuan dari pihak regulator dan penyelesaian atas prosedur sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

7. Prospek.

Dampak dari Pengalihan Saham terhadap kondisi keuangan konsolidasi Resona Holding dianggap tidak signifikan. Setiap hal yang diperlukan dalam rangka keterbukaan informasi akan disampaikan kepada publik pada kesempatan pertama. Selain itu, Bank Resona Perdania akan terus memberikan layanan perbankan terbaik kepada pelanggan dan berusaha untuk lebih meningkatkan layanan supaya memenuhi kebutuhan pelanggan.

Resona Bank akan tetap berkembang serta memperkuat kemampuannya untuk mendukung kebutuhan dan permintaan para nasabah diluar negeri terutama dikawasan Asia.

 

*Disclaimer : Dokumen siaran pers ini mengacu kepada dokumen orisinil siaran pers dalam versi Bahasa Inggris.

Download